Sabtu, 08 September 2007

Kebutuhan seorang programmer

Salah satu jenis pekerjaan yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan yang berbasis teknilogi informasi adalah Programmer, adalah sebuah software house. Bagaimana menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman untuk bekerja bagi para programmer ini?
Kata orang, programer memiliki kebutuhan yang berbeda dalam bekerja dengan pekerja lainnya. Jika kita ambil asumsi hal ini benar maka apa kebutuhkan mereka tersebut ?


  1. Pertama, kebutuhan listrik dimeja programmer. Sering sekali meja programmer hanya disediakan satu soket (colokan) listrik padahal kalau kita hitung kebutuhannya adalah untuk computer, monitor, lampu kerja, printer, keperluan lain-lain seperti adaptor speaker, charger ponel, dan adaptor notebook (jika menggunakan notebook juga). Jadi, paling sedikit dibutuhkan lima buat soket listrik. Jika hanya disediakan satu sokep, maka akan ada power bar yang malang melintang sehingga menimbulkan kekumuhan.
  2. Kedua, akses internet melalui LAN. Jika programmer tersebut menggunakan computer dan notebook, maka sebaiknya disediakan dua kabel UTP yang siap digunakan dimasing-masing meja. Kebutuhan dua kabel UTP ini bias dikurangi denga menggunakan warless LAN dikantor, karena umumnya notebook saat ini sudah memiliki fitur wi-Fi. Namun beberapa tempat kerja tidak memperkenalkan adanya wireless LAN ini karena masalah keamanan data. Jika demikian maka sediakanlah dua buah kabel UTP untuk setiap meja.
  3. Akses internet merupakan salah satu kebutuhan utama programmer. Tanpa ada akses internet, programmer akan tidak semangat untuk dating kerja. Ada kekhawatiran bahwa kalau ada akses ke Internet maka para pekerja ini akan menghabiskan waktunya untuk membaca e-mail, menjelajah internet, dan chatting. Tetapi disisi lain, tanpa akses internet mereka bias menjadi kurang produktif karena tidak bias melihat contoh-contoh program yang sudah dikembangkan oranglain. Inilah salah satu manfaat open source, kita tidak perlu mengulang aoa yang pernah dikerjakan oranglain.
  4. Berikutnya yang dibutuhkan programmer adalah bahan bacaan : buku, referensi, dan majalah. Memang benar dengan adanya internet kebutuhan bahan bacaan dalam bentuk cetakan dapat menjadi berkurang, namun sering kali programmer lelah menatap layer computer dan ingin lepas dari computer sejenak/ membaca buku dan majalah merupakan salah satu cara "melepas"kan lelah.
  5. Hal lain yang cukup esensial adalah akses ke makanan dan minuman. Jika diharapkan programmer lebih banyak duduk bekerja didepan layer, maka sediakan sumber makanan dan minuman yang dapat mereka raih dengan mudah. Kalau mereka harus, maka akan banyak waktu yang terbuang. Itulah sebabnya ditempat kerja beberapa perusahaan terkenal disediakan tempat makan, kulkas dan pembuatan kopi.
  6. Jenis makanan dan minuman ini harus diperhatikan agar para programmer ini tetap sehat dan produktif. Jika para programmer ini sakit, maka kita semua yang rugi. Jangan terlalu banyak menyediakan makanan yang kurang baik bagi kesehatan. Programmer cenderung untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dia capai. Sayangnya biasanya ini adalah makanan junk food dan minuman kaleng/kotak/botol.
  7. Hal yang [aling sulit ditangani adalah rokok. Mungkin setengan dari jumlah programmer adalah perokok. Sulit mencampur tempat kerja bagi perokok dan bukan perokok. Perokok membutuhkan rokok ketika bekerja sementara bukan perokok tidak dapat bekerja jika ada asap rokok. Mungkin keduanya harus dipisahkan
  8. Jika kebutuhan itu dapat terpenuhi, harapannya para programmer dapat bekerja dengan gembira dan produktif. Suasana seperti ini menarik programmer yang bagus.

Tidak ada komentar: